Tuesday, March 11, 2014

Review Kepulauan Seribu Jakarta

Peta Kepulauan Seribu Jakarta, sumber : Mbah Google
Entah berapa kali aku berkunjung ke Kepulauan Seribu Jakarta. Ngak terhitung. Kebanyakan memang urusan kerjaan, tapi sambil wisata juga..hehe, ya iya lah kerja ke Kepulauan Seribu ngak ada bedanya dengan wisata. Namanya memang Kepulauan Seribu tapi jumlah pulau sebenarnya tidak sampai seribu, kalo ngak salah hanya sekitar 342 pulau termasuk gosong-gosong pasir yang timbul tenggelam. Sebagian besar pulau di Kepulauan Seribu adalah milik perorangan, sebagian lagi pulau yang dikelola sebagai resort wisata, sebagian lagi pulau  yang didiami penduduk, dan sebagian lagi pulau konservasi (cagar alam dan taman nasional). Adapun wilayah laut dan seisi-isinya (mangrove, padang lamun, ikan hias, terumbu karang, dll) sebagian besar dikelola oleh Balai Taman Naisonal kepulauan Seribu (BTNKpS).
Terus dari ratusan pulau itu, pulau mana yang paling menarik untuk dikunjungi ? waduh...bingung juga, soalnya masing-masing pulau ada kekurangan dan kelebihannya, lebih baik lihat foto-fotonya saja ya...
Lagi serius baca koran Sindo di Dermaga Marina Ancol Jakarta. Untuk menuju ke kepulauan seribu dapat naik speedboat dari Marina Ancol, harga sekitar Rp200.000,- sekali jalan tergantung jauh dekatnya pulau yang dituju. Beli tiket bisa langsung ditempat.
Deretan speedboat di Dermaga Marina Ancol. Speedboat berangkat setiap hari jam 8.00 WIB. jumlah speedboat yang berangkat tergantung jumlah penumpang,  flexible gitu. Untuk rombongan boleh sewa speedboat langsung di tempat. Waktu tempuh untuk pulau-pulau terjauh (P. Kelapa misalnya) hanya 1 jam saja kalo cuaca normal.
Di atas Ojek Kapal di dermaga Muara Angke. Kalau ingin ke Kepulauan Seribu dengan harga murah, silakan ke dermaga Muara Angke bisa naik angkot dari Grogol Jakarta Barat. Harga tiket kapal (ojek kata orang pulau seribu) hanya Rp35.000,- sekali jalan. Berangkat setiap hari jam 07.00 WIB. Jangan sampai telat, nanti ketinggalan.
Tiduran didalam ojek kapal Muara Angke-Pulau Kelapa. Hindari berangkat ke Kepulauan Seribu pada hari libur. Ojek kapal akan penuh dengan penumpang dan tidak bisa tiduran..hehe. Waktu tempuh dari Muara Angke ke Pulau terjauh (P. Kelapa misalnya) lebih dari 3 jam kalau cuaca normal.
Pelabuhan muara angke yang baru (Kaliadem) gambar dari mbah google. Dari pelabuhan muara angke yang baru (Kaliadem) bisa juga naik speedboat ke Kepulauan Seribu dengan harga yang murah (soalnya ada subsidi Pemprov. Jakarta) sekitar Rp55.000,- sekali jalan. Berangkat setiap hari jam 07.00 WIB. Waktu tempuh sekitar 1,5 jam ke pulau terjauh.

Suasana cabin speedboat "P. SEPA". Nyaman memang kalau naik speedboat, berAC dan dingin. Udah gitu cepat lagi. Tapi harganya itu lho yang mahal banget. Kondisi cabin speedboat tidak standar, macam-macam lah. Ada yang settingan kursinya kayak Bus ada juga yang kayak Angkot saling hadap-hadapan.

Pulau-pulau yang biasanya disinggahi oleh speedboat atau ojek kapal untuk penumpang umum adalah pulau-pulau berpenduduk seperti : P. Untung Jawa, P. Tidung, P. Pari, P. Pramuka, P. Harapan, P. Kelapa dan pulau lainnya. Setiap speedboat atau ojek kapal ada jurusan pulau masing-masing, awas jangan salah naik ya.... nyasar nanti repot..hehe. Oh ya, speedboat dan ojek kapal hanya mengantarkan kita sampai pulau tujuan saja. Untuk mengunjungi pulau lainnya yang ratusan jumlahnya itu, untuk snorkling, untuk mancing, untuk diving atau untuk-untuk yang lainnya, harus sewa perahu nelayan setempat. Harga pintar-pintar nawar saja, tergantung lama sewa dan jauh-dekat jaraknya. Kecuali pakai jasa travel agen, ngak usaah pusing-pusing cari sewa perahu nelayan..hehe. Untuk nginap di pulau yang didiami penduduk, bisa sewa guest house atau kamar, harga tergantung fasilitas lah ada yang murah, ada yang mahal juga. Kalau saya biasanya nginap di P. Kelapa Dua atau di P. Pramuka atau di P. Harapan atau di P. Untung Jawa, intinya di mess milik Kementerian Kehutanan di Pulau-Pulau tersebut. Maklum sambil kerja kan ? gratis lagi..hehe. Untuk sewa peralatan snorkling dan diving saya ngak tahu harganya, soalnya yang ini juga gratis disediakan oleh teman-teman dari Taman Nasional Kepulauan Seribu. Tapi di sana banyak kok penyewaan perlatan snorkling/diving. Harga seperti biasa lah, pandai-pandai tawar saja.

Santai sejenak di P. Kelapa dua. salah satu pulau favorite saya. Pulau ini mungkin pulau berpenduduk paling jauh di bagian utara Kepulauan Seribu. Mayoritas penduduk di P. Kelapa Dua adalah keturunan suku Wajo/Bugis dari Sulawesi Selatan.

Abaikan orang-orang yang mau kerja itu. Fokuskan pandangan pada terumbu karang yang indah di bawah dermaga. kelihatan ngak ikannya ? ngak kelihatan ya ? kalo ngak kelihatan, kesalahan bukan pada mata anda, mungkin kualitas foto dari kamera saya yang kurang bagus.

Mangrove track di P. Untung Jawa. Ini adalah pulau berpenduduk paling dekat dengan Jakarta/Tangerang. Ke pulau ini lebih mudah naik perahu dari Pantai Tanjung Pasir Tangerang, jarak tempuh hanya 25 menit saja. ongkos lebih murah juga.

Bermain banana boat di P. Untung Jawa. Tersedia berbagai fasilitas wisata pantai di P. Untung Jawa. Di sini juga ada camping ground, guest house, restoran (murah dan enak) dan lain-lain. Hanya saja pantai di sini kurang jernih ngak cocok buat snorkling.
Terdampar di P. Rambut. Jarak yang dekat dengan Jakarta/Tangerang menjadikan pantai di pulau yang cantik ini dipenuhi sampah kiriman. P. Rambut adalah tetangga P. Untung Jawa.
 
Jalan setapak menuju menara pengamatan burung di P. Rambut. Pulau ini masuk kawasan konservasi cagar alam dan tidak ada penduduknya. Di pulau ini hidup ribuan jenis burung dan biawak. Konon di pulau ini juga hidup ular phyton yang sangat panjang.
Pemandangan P. Rambut dari menara pengawas burung. Yang putih-putih di atas pohon itu adalah burung. Masuk ke P. Rambut sebenarnya perlu ijin dari BKSDA DKI Jakarta, tapi kayaknya ngak pakai ijin juga bisa masuk..hehe. Pinter-pinter saja nego sama petugas Polisi Hutan penjaga pulau ini.
Senja di P. Panggang (suka-suka saja sebut nama pulau, bingung juga menghapal nama pulau yang jumlahnya ratusan). P. Panggang adalah pulau berpenduduk terpadat di kepulauan seribu. Dekat pulau ini ada spot snorkling yang sangat indah dengan softcoral nya yang masih terjaga.

Tempat budidaya ikan terapung di dekat P. Harapan. Kalau beli ikan di kepulauan seribu memang masih segar tapi harganya lumayan mahal.
Main ayunan di P. Tidung. Ini adalah pulau yang paling populer untuk wisata. Konon P. tidung dipopulerkan melalui jejaring sosial internet atas inisiatif para pemuda di sana. Hebat.

Menuju jembatan cinta di P. Tidung. Yang khas dari P. Tidung adalah terdapat jembatan yang panjang sebagai penghubung P. Tidung Besar dengan P. Tidung Kecil. Cuaca yang buruk, foto jadinya kurang indah, langitnya gelap gitu, kalau langitnya biru....indah banget pemangdangan di sini.

Mungkin P. Tidung adalah pulau paling lengkap fasilitas wisatanya dan dikelola cukup profesional oleh penduduk setempat. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke pulau ini menggunakan travel agen local dari P. Tidung itu sendiri.

Salah satu pulau milik perorangan yang tidak berpenghuni. Perlu sewa kapal untuk mengunjungi pulau-pulau yang jumlahnya ratusan. Masuk pulau pribadi/perorangan adalah gratis (free). Kalau ada penjaganya tinggal kasih saja rokok atau makanan ringan sambil ngajak ngobrol. Kasihan euy penjaga pulau itu kadang tinggal di pulau sendirian selama berbulan-bulan.

Minum air kelapa muda di teriknya pulau seribu memang nikmat banget......

Bahkan keindahan terumbu karang dan ikan-ikan hias sudah bisa dinikmati hanya dari atas dermaga saja. Keindahan ini hanya ada di pulau-pulau bagian utara saja. Pulau-pulau di selatan memang airnya ngak jernih, pengaruh polusi dari Jakarta/Tangerang.
Aktivitas utama di pulau seribu adalah snorkling dan diving. Saya akui kalau spot-spot snorking di Kepulauan Seribu memang sangat indah ngak kalah dari spot snorkling di Taman Laut Bunaken Manado Tua yang sangat terkenal itu.
Bersepeda di P. Kelapa Dua. Luas P. Kelapa Dua kayaknya ngak sampai 2 ha. Keliling pulau pakai sepeda kayaknya ngak sampai 15 menit.

Masih banyak sebenarnya yang mesti diexplore tentang Kepulauan Seribu ini. Untuk saat ini sampai disini saja dulu. Silakan kunjungi Kepulauan Seribu yang masih masuk Propinsi DKI Jakarta, dijamin ngak akan rugi dan ngak akan nyesel. Tapi yang harus diingat, jangan pergi pas musim angin barat. Cuaca sangat buruk dan tidak bersahabat. Angin Barat biasanya terjadi sekitar bulan September-Desember gitu deh...

27 comments:

  1. Belajar dari Blog Pak Lim juga. post lebih gambar memang best, sayang kualitas gambar memang kurang bagus. Tapi Lagi best Pak Lim datang sendiri ke kepulauan seribu dan ambil gambar sendiri...hehe..pasti best banget

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. yup saya ijinkan..hehe. terima kasih sdh menyimak. mudah2an ada info yg bermanfaat untuk Yahya.

      Delete
    2. Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

      Delete
  3. Ternyata jakarta punya pulau sebanyak itu ya ? Baru tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang memang, pulau2 itu kebanyakan milik pribadi. terutama milik konglomerat dan pejabat tinggi..gitu.

      Delete
  4. Pernah sampai di Ancol... Tak tahu kalau lokasi Kepulauan Seribu terletak berhampiran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih Pak Mie sudi singgah ke blog saya. iya Pak Mie, sila melancong ke pulau tidung juga kalau pak Mie nanti sedang ke Ancol. keududukan jeti ke pulau seribu itu memang di Marina Ancol, dekat Dufan (Dunia Fantasi) Ancol.

      Delete
  5. udah lama ga ke pulau seribu lewat muara angke, keren ya sekarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan keren lah pelabuhan muara angke yang baru (pelabuhan kaliadem org pulau bilang). Ke P. seribu memang asyik lewat pelabuhan kaliadem, pakai speedboat tapi harga murah.

      Delete
  6. wah nice review..mugkin satu hari boleh sampai ke sini..melancong..
    terima kasih ats pkogsian,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bang Sobri singgah ke blog aku. sila kunjungi kepulauan seribu kalau nanti mas Sobri ke Jakarta.

      Delete
    2. sam-sama mas.. insaallah klau ke jakarta..mesti singgah di sini :P

      Delete
    3. Sobri Yaacob.. nanti nak pi bagitau la nak ikut hahahaa :D

      Delete
  7. kenapa begitu banyak pulau nya.. kalau mahu ke sana mesti sekurang-kurang 3minggu baru habis semua pulau diterokai :D

    Suka la tengok gambar snorkeliing anda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pulau memang banyak bang Afif, tapi berdekatan saja kok. Tak harus semua pulau dilawati. 3 hari cukup pusing-pusing pulau-pulau terpilih..hehe. aku juga baru puluhan pulau saja yang terlawati, sudah lupa juga nama-nama pulau itu karena banyak sekali. Jom snorkling ke pulau seribu, dekat saja dari jakarta

      Delete
    2. gan klo kepulau pramuka ada perahu yang keberangkatan siang ngk sekitar jam 12-13...info dari mba google seh ada

      makasih ya

      Delete
    3. Kalo menurut pengalaman saya, dari Muara angke ke Pulau Pramuka tidak ada jadwal Ojek/kapal yang berangkat siang hari, hanya ada Ojeg/kapal pagi hari saja. Tapi setahun ini sejak dibuka pelabuhan muara angke yang baru di Kaliadem, mungkin sudah ada Ojek/Speedboat Pemprop DKI yang berangkat siang ke Pramuka. Tapi saya belum pernah nyoba ke Pramuka Siang, selalu berangkat pagi. Gitu Mas Noval. Oh ya kalau naik Speedboat dari Marina Ancol juga ngak ada yang siang ke Pramuka, kecuali sewa.

      Delete
  8. Permisi mas, ini Mas Gunadi yang dulu pernah les LIA CV di bogor bukan ya? kalo iya saya dulu teman sekelas, ada yang mau saya tanyain nih, berhubung saya juga mau jalan2 ke pulau seribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, Ini Siapa ya ? kalo mo nanya urgen via Watap saja boleh 08128356338. kalo di Blog harus internetan terus..hehe.

      Delete
  9. Coba deh pulau lainnya di Pulau Seribu....masih banyak yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul tuh. Masih banyak pulau yang belum digali potensinya di Pulau seribu ini. Saya pernah sampai ke Puau Bira nun jauh di utara. ongkosnya mahal kali ya.

      Delete
  10. Artikel seperti ini tunjukin masih banyak warga jakarta yang mendukung majunya pariwisata daerahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Pulau Seribu tidak tercemar limbah dari Jakarta.

      Delete
  11. mantap tapiu ada diskonnya engga nih boss https://goo.gl/6xZMHg

    ReplyDelete
  12. KISAH NYATA: IBU DARYUTI DARI TANJUNG PINANG

    Assalamu'Alaikum" Wr'Wb...
    Perkenalkan Nama saya Ibu Daryuti, asal Desa Teluk Bintan,Tanjung Pinang,
    saya menjadi tulang punggung Keluarga sejak suami saya meninggal,
    saya bekerja tanpa lelah untuk menghidupi 4 orang anak sejak di tinggal
    mati sang suami 5 thn yg lalu, sejak itu keputusasaan menghampiri sy,
    dan hampir meninggalkan ke 4 anak saya krn sy sdh tidak sanggup dengan
    kemiskinan yang sy alami dulu. Namun stelah menjelang beberapa hari datanglah
    tetangga sy dan menceritakan perubahan hidup yang dia alami,
    dia mempunyai banyak uang tanpa harus bekerja keras..
    dan dia bercerita tentang orang yang membantunya bernama KH.Fhatulla Harun,
    konon beliu bisa memberikan solusi masalah kemiskinan sperti yg sy alami ini..
    dan dengan tekat yang bulat sy minta nomor KH.Fhatulla Harun,
    ketika sy telpon pak haji, dan menceritakan permasalahan hidup saya.
    dan beliu brsedia membantu sy untuk kluar dari lumbung kemiskinan,
    sy sangat snang skali mendengarnya,, kemudian sy langsung mengiyakan
    segala syarat2 yg di pak haji sampaikan, 2 hari kemudian saya sudah merasakan keajaiban nyata
    terjadi di rumah saya, lemari tua yang ada di pojok kamar saya sudah
    penuh dengan lembaran uang pecahan ratusan ribu sy kaget terus pingsan,
    saat saya sadar uang itu betul2 nyata masih ada dalam lemari,
    syukur allhamdulillah saya ucapkan..Berkat campur tangan pak haji
    saya sudah punya banyak uang dan tidak akan perna habis sampai
    7 keturunan, Semua ini berkat UANG GAIB, PESUGIHAN PUTIH NABI SULAEMAN.
    Yang diberikan KH.Fhatulla Harun benar2 nyataSemua ini berkat UANG GAIB, PESUGIHAN PUTIH NABI SULAEMAN. dan ISLAMI serta tidak musyrik,
    Saya sangat berterima kasih kepada KH.Fhatulla Harun yg sudah bantu saya dan
    jadi member pak haji hingga kini, saya juga berjanji tidak lupa dgn kewajiban
    saya untuk slalu shalat dan menyubang di masjid dan panti asuhan.

    Untuk sanak saudara seiman dan setanah air yang ingin cepat kaya..
    jangan ragu untuk mengikuti ajaran KH.Fhatulla Harun krn ini pesugihan putih
    yang islami. dan persugian KH.Fhatulla Harun bisa di ikuti semua agama..
    dan anda pasti akan dibantu apapun yang ingin anda minta.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.untuk lebih jelasnya Hubungi Nomor Beliau.085-217-085-317
    ATau Kunjungi Situs Beliau Klik=>> Pesugihan Tanpa Tumbal Asli Tahun 2017 | Uang Gaib | Dana Gaib | Uang Balik Nabi Sulaeman Terima Kasih Dan Semogah JADI Pemenang Berikutnya, Amin . Wassalam..

    ReplyDelete